Alasan Kenapa Menggunakan Docker

By Rizky Kurniawan - March 5, 2022 ~2 mins read

Halo, selamat datang kembali di Ruang Developer Blog, kali ini saya akan berbagi alasan saya menggunakan Docker. Doker adalah sebuah perangkat lunak yang menyatukan software beserta komponen pendukung lainnya dalam satu wadah yang disebut Kontainer. Untuk lebih jelasanya kamu bisa baca postingan tentang Mengenal Docker.

Yok langsung saja, berikut ini adalah beberapa alasan saya menggunakan Docker dalam proses development aplikasi.

Environment yang Terisolasi

Docker menyediakan cara yang simple untuk membangun berbagai macam environment yang terisolasi untuk saya gunakan. Dengan menggunakan Docker saya dapat membangun beberapa database server berbeda pada komputer saya tanpa membuat masalah yang mengganggu satu sama lain, dan tentunya tidak mengganggu resource sistem operasi komputer saya.

Efisiensi Resource Komputer

Sebelum menggunakan Docker, saya menggunakan Virtual Box untuk membuat environment pengembangan aplikasi. Dan seperti yang teman-teman ketahui bahwa Virtual Box adalah mesin virualisasi yang membuat satu sistem operasi penuh dalam komputer, hal ini tentunya akan sangat banyak menggunakan resource seperti penyimpanan, dan ram. Dalam hal ini Docker lebih ramah resource karena tidak membangun sebuah mesin virtual yang utuh dengan sistem operasi sehingga penggunaan resourcenya lebih sedikit.

Portability

Dengan menggunakan Docker, saya jadi lebih mudah untuk memindah dan menjalankan aplikasi yang telah saya buat. Selain menggunakan GitHub, beberpa aplikasi yang telah selesai saya buat biasanya saya simpan dalam bentuk Docker Image dan push ke docker image registry. Baru setelah itu saya hapus source code yang ada pada komputer saya agar lebih bersih. Apabila dikemudian hari saya ingin menjalankan aplikasi tersebut, maka saya tinggal pull imagenya dan jalankan di Docker pada komputer saya tanpa report menyeting environtment. Sekali lagi, Docker benar-benar menyediakan environment yang terisolasi.

Nah jadi itu adalah tiga alasan kenapa saya menggunakan Docker dalam proses pengembangan aplikasi yang saya lakukan. Buat teman-teman yang sedang belajar ngoding tidak ada salahnya untuk mencoba Docker.

Tags: #docker
Bagikan:

Ingin Berdiskusi?

Yuk bergabung di Grup Telegram Ruang Developer atau mulai diskusi melalui GitHub. See You!

Dapatkan contoh source code project backend, frontend, atau fullstack untuk kamu amati, tiru, dan modifikasi sesuka hati. Klik untuk melihat detail!
comments powered by Disqus

Berlangganan Gratis

Kamu akan menerima email update dari Ruang Developer

Beri Dukungan

Beri dukungan, dapatkan full source code project web untuk bahan referensi, tiru, dan modifikasi.
Lightbox