Apa Itu Framework Dalam Pemrograman dan Mengapa Framework Sangat Berguna?

By Rizky Kurniawan - December 10, 2021 ~2 mins read

Halo, selamat datang di Ruang Developer Blog. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang apa itu framework dalam pemrograman dan mengapa framework sangat berguna.

Apa itu Framework?

Dalam dunia pengembangan aplikasi, framework adalah struktur dukungan konseptual dan teknologi yang ditentukan, umumnya dengan modul perangkat lunak tertentu yang berfungsi sebagai dasar untuk proses pengembangan aplikasi.

Dengan kata lain, framework bisa disebut semacam template, skema, atau struktur berbasis teknologi yang memungkinkan kita untuk bekerja dengan cara yang lebih sederhana, sehingga kemungkinan kesalahan pemrograman dapat dihindari atau setidaknya dapat dikurangi.

Framework adalah modul aplikasi yang dapat digunakan pada proyek yang berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan masing-masing proyek aplikasi.

Mengapa menggunakan Framework?

Agar proyek yang dikerjakan lebih terorganisir dan meminimalisir kemungkinan error yang terjadi, penting untuk menggunakan sebuah framework. Berikut ini adalah beberapa kelebihan yang bisa kamu dapatkan jika menggunakan framework.

1. Menghemat waktu

Framework berfungsi semacam template untuk proyek, yang artinya framework telah menyediakan modul-modul penting yang harus selalu ada dalam sebuah aplikasi. Dengan menggunakan framework maka kamu akan lebih menghemat waktu dalam proses pengembangan aplikasi karena tidak perlu membuat ulang semuanya dari 0.

2. Memudahkan kolaborasi

Framework menyediakan standarisasi dalam pembuatan aplikasi, hal ini sangat memudahkan kamu untuk berkolaborasi dengan banyak developer karena tiap developer harus mengikuti standar yang telah ditentukan pada framework.

3. Tersedia berbagai tools

Framework menyediakan berbagai tools atau library bantuan yang dapat kamu gunakan untuk membuat aplikasi. Contohnya autentikasi, migrasi database, dan lain-lain.

4. Menghindari “repetitive codes”

Seperti yang dijelaskan pada poin pertama bahwa framework telah menyediakan modul-modul penting pada sebuah aplikasi. Selain menghemat waktu, hal ini juga dapat mencegah para developer untuk menuliskan ulang kode yang sama berkali kali (repetitive codes).

Tips memilih Framework untuk proyek aplikasi

Sebelum kamu menentukan framework yang akan digunakan dalam proyek yang kamu garap, kebutuhan dan tujuan proyek harus dipertimbangkan terlebih dahulu. Ada banyak framework yang tersedia saat ini, mulai dari yang sederhana sampai dengan framework yang rumit. Beberapa aspek berikut dapat kamu jadikan pertimbangan saat ingin menggunakan sebuah framework

  1. Memiliki keamanan yang baik
  2. Dukungan komunitas yang besar
  3. Framework masih dikeolah dan aktif diperbarui
  4. Dapat disesuaikan dengan mudah untuk proyek yang akan dibuat
  5. Kode yang mudah dipahami
  6. Dokumentasi yang jelas, jelas, dan selalu diperbarui jika ada kesalahan
Tags: #framework
Bagikan:

Ingin Berdiskusi?

Yuk bergabung di Grup Telegram Ruang Developer atau mulai diskusi melalui GitHub. See You!

Dapatkan contoh source code project backend, frontend, atau fullstack untuk kamu amati, tiru, dan modifikasi sesuka hati. Klik untuk melihat detail!
comments powered by Disqus

Berlangganan Gratis

Kamu akan menerima email update dari Ruang Developer

Beri Dukungan

Beri dukungan, dapatkan full source code project web untuk bahan referensi, tiru, dan modifikasi.
Lightbox