Apa Itu Webhook?

By Rizky Kurniawan - March 8, 2022 ~1 min read

Halo, selamat datang kembali di Ruang Developer Blog. Sekarang kita akan bahas tentang apa itu webhook. Sebelum kita mulai, saya ingin mengucapkan terima kasih untuk kamu karena sudah mau membaca hari ini. Dengan membaca, kamu sudah satu langkah lebih dekat dengan kesuksesan. Oke lanjut…

Menurut Wikipedia, webhook dalam pengembangan website adalah metode untuk mengubah atau menambah perilaku halaman web atau aplikasi web dengan sebuah panggilan balik yang biasa disebut dengan callback. Callback dapat dimodifikasi dan dikelola oleh user dan developer pihak ketiga yang mungkin tidak berafiliasi dengan website asal penyedia webhook.

Dengan menggunakan webhook, suatu aplikasi dapat mengirimkan data pada aplikasi lainnya berdasarkan suatu kejadian (event) tertentu. Sebagai contoh ketika kamu membuat aplikasi yang memiliki fitur pembayaran yang terintegrasi dengan payment gateway, maka kamu memerlukan informasi dari payment gateway apakah transaksi pembayaran telah berhasil dilakukan atau gagal. Di situasi seperti inilah webhook berfungsi. Webhook pada server payment gateway akan melakukan http post ke url callback yang telah kamu tentukan pada server aplikasi kamu.

Oke kali ini singkat aja ya. Semoga bermanfaat informasinya jangan lupa tinggalkan komentar kamu kalo ada yang mau ditanyakan.

Bagikan:

Ingin Berdiskusi?

Yuk bergabung di Grup Telegram Ruang Developer atau mulai diskusi melalui GitHub. See You!

Dapatkan contoh source code project backend, frontend, atau fullstack untuk kamu amati, tiru, dan modifikasi sesuka hati. Klik untuk melihat detail!
comments powered by Disqus

Berlangganan Gratis

Kamu akan menerima email update dari Ruang Developer

Beri Dukungan

Beri dukungan, dapatkan full source code project web untuk bahan referensi, tiru, dan modifikasi.
Lightbox