Cara Menghubungkan Domain Ke Blogger

By Rizky Kurniawan - March 27, 2022 ~3 mins read

Halo, selamat datang kembali di Ruang Developer Blog. Sekarang kita akan belajar bagaimana cara menghubungkan domain ke blogger. Blogger merupakan salah satu platform blogging gratis dari Google yang dapat kamu gunakan untuk membuat blog. Cukup menggunakan akun gmail kamu sudah dapat membuat akun blog milik kamu sendiri. Setelah membuat akun blogger kamu akan mendapatkan subdomain dari google dengan format namablogkamu.blogspot.com. Nah, jika kamu merasa kurang suka dengan nama domain yang diberikan maka kamu bisa menggantinya dengan nama domain yang kamu inginkan dengan syarat kamu sudah mendaftarkan domain tersebut ke registrar domain ya. Oke langsung saja kita coba.

Setting custom domain di Blogger

Untuk setting custom domain di Blogger, sebelumnya pastikan kamu sudah memiliki blog di Blogger ya, kemudian silahkan masuk ke blogger.com kemudian pergi ke menu setelan (atau settings jika kamu bahasa yang kamu gunakan adalah bahasa Inggris). Pada halaman pengaturan blog, cari bagian pengaturan publikasi seperti gambar berikut ini.

menghubungkan-domain-ke-blogger-1.png

Pada pengaturan tersebut, klik Domain Kustom, kemudian akan muncul pop-up menu. Silahkan masukkan domain yang kamu miliki kemudian simpan. Perhatikan gambar berikut ini.

menghubungkan-domain-ke-blogger-2.png

Setelah itu akan muncul pop-up menu berikutnya yang berisi instruksi bagaimana cara mengatur DNS untuk domain yang sudah kamu masukkan sebelumnya. Perhatikan gambar berikut.

menghubungkan-domain-ke-blogger-3.png

Catat dua nama CNAME dan tujuan yang diberikan oleh blogger, kemudian tekan simpan. Ini akan kita gunakan untuk langkah setting DNS yang akan dijelaskan pada bagian berikutnya. Berikut ini adalah contoh nama untuk setting DNS saya.

CNAME 1
nama: ruangdeveloper
tujuan: ghs.google.com

CNAME 2
nama: i6lb3xbqiy3v
tujuan: gv-hfmrund2p6ajja.dv.googlehosted.com

Perlu kamu ingat, blogger akan memberikan nama yang berbeda pada tiap akun, jadi pastikan kamu menggunakan nama yang diberikan oleh blogger, bukan yang ada pada tutorial ini ya.

Oke kita akan lanjut ke bagian setting DNS.

Setting DNS

Setelah kita selesai melakukan konfigurasi pada blogger, berikutnya kita akan menambahkan DNS pada sisi domain registrar kita. Kebetulan domain saya menggunakan Cloudflare untuk manajemen DNS domain saya, tapi kamu jangan khawatir, cara setting dns pada domain kurang lebih sama saja pada setiap domain registrar.

Baca juga: Cara Menghubungkan Domain Ke Cloudflare

Oke silahkan kamu login ke domain registrar domain kamu ya, kemudian tambahkan dua buah CNAME record yang tadi sudah kamu catat. Perhatikan gambar berikut ini.

menghubungkan-domain-ke-blogger-4.png

Dua CNAME record yang tertera pada gambar di atas adalah record dari blogger yang baru saya tambahkan.

Sampai di sini kita sudah selesai mengkonfigurasi DNS untuk domain kita. Langkah selanjutnya kita tinggal tunggu beberapa waktu sampai masa propagasi DNS selesai dilakukan.

Propagasi DNS adalah waktu yang dibutuhkan domain untuk terhubung dengan server. Masa propagasi domain bisa beberapa menit saja, atau bisa hari sampai selesai.

Tambahan

Kamu dapat mengaktifkan HTTPS untuk blog kamu sebagai kemananan tambahan dengan cara pergi ke pengaturan blog kamu di blogger, kemudian pada bagian HTTPS centang ketersediaan HTTPS dan pengalihan HTTPS. Perhatikan gambar berikut ini.

menghubungkan-domain-ke-blogger-5.png

Sip, sekarang kita sudah selesai menghubungkan domain ke blogger. Jika kamu mengalami kesulitan jangan sungkan untuk bertanya pada kolom komentar yang ada di postingan ini ya.

Bagikan:

Ingin Berdiskusi?

Yuk bergabung di Grup Telegram Ruang Developer atau mulai diskusi melalui GitHub. See You!

Dapatkan contoh source code project backend, frontend, atau fullstack untuk kamu amati, tiru, dan modifikasi sesuka hati. Klik untuk melihat detail!
comments powered by Disqus

Berlangganan Gratis

Kamu akan menerima email update dari Ruang Developer

Beri Dukungan

Beri dukungan, dapatkan full source code project web untuk bahan referensi, tiru, dan modifikasi.
Lightbox