Daftar Ekstensi Visual Studio Code Untuk Pengembangan Web

By Rizky Kurniawan - December 16, 2021 ~2 mins read

Halo, Selamat datang di Ruang Developer Blog. Visual Studio Code atau biasa disebut VS Code adalah salah satu kode editor terbaik yang banyak digunakan oleh programmer. VS Code merupakan kode editor gratis yang kembangkan oleh Microsoft.

Ekstensi Visual Studio Code

Sebenarnya, saat pertama kali diinstall VS Code sudah memiliki fungsionalitas yang lengkap termasuk salah satunya adalah mudahnya integrasi dengan GitHub. Namun, jika kamu ingin memaksimalkan fungsinya, VS Code memberi kebebasan untuk menambahkan fitur dengan cara menginstall ekstensi. Berikut ini adalah daftar ekstensi Visual Studio Code untuk mengembangkan web yang patut kamu coba.

JavaScript ES6 Code Snippets

Tidak perlu disebutkan bahwa JavaScript adalah inti dari pengembangan web. Ada banyak cuplikan kode yang kami gunakan setiap hari dan ekstensi ini membantu kamu dengan tidak menulis kode berulang itu lagi dan lagi.

Ekstensi ini menyediakan potongan kode (snippet) JavaScript, TypeScript, Vue, React, dan HTML.

Lihat ekstensi

CSS Peek

Seperti namanya, ekstensi ini memungkinkan kamu memuka baris kode CSS menggunakan kelas dan ID.

Lihat ekstensi

Auto Close Tag

Ekstensi ini secara otomatis menambahkan tag penutup HTML dan XML.

Lihat ekstensi

REST Client

Menguji API dan integrasi ke UI adalah bagian besar dari pengembangan web. Saya yakin kamu telah melakukannya berkali-kali.

Saya sering menggunakan REST client seperti Postman untuk menguji API. Dengan menggunakan ekstensi ini, kita dapat menguji API dan melihat responsnya secara langsung dalam kode visual studio.

Lihat ekstensi

ESLint

ESLint adalah linter untuk JavaScript. Ekstensi ini memeriksa kode untuk kesalahan umum dan memberi tahu langsung di kode editor kamu. Hampir mirip seperti rekan virtual yang memvalidasi kode saat kamu menulisnya.

Lihat ekstensi

Prettier – Code Formatter

Ekstensi ini melakukan pemformatan kode JavaScript, CSS, dan HTML.

Lihat ekstensi

Live Server

Ekstensi Live Server menyediakan pratinjau langsung aplikasi web kamu langsung di dalam editor. Ekstensi ini sangat berguna untuk pengembang front end.

Lihat ekstensi

Baca Juga:

Tags: #vscode
Bagikan:

Ingin Berdiskusi?

Yuk bergabung di Grup Telegram Ruang Developer atau mulai diskusi melalui GitHub. See You!

Dapatkan contoh source code project backend, frontend, atau fullstack untuk kamu amati, tiru, dan modifikasi sesuka hati. Klik untuk melihat detail!
comments powered by Disqus

Berlangganan Gratis

Kamu akan menerima email update dari Ruang Developer

Beri Dukungan

Beri dukungan, dapatkan full source code project web untuk bahan referensi, tiru, dan modifikasi.
Lightbox