Dapatkan contoh source code project backend, frontend, atau fullstack untuk kamu amati, tiru, dan modifikasi sesuka hati. Klik untuk melihat detail!
Artikel ini merupakan bagian dari seri Belajar Golang Dari Dasar

Function Parameter

Dalam pemrograman, parameter adalah variabel yang dituliskan dalam definisi sebuah function. Parameter dibuat ketika sebuah function memerlukan data dari luar. Ketika function yang memiliki parameter kita panggil, kita juga wajib mengirimkan data untuk mengisi parameter pada function tersebut. Data yang kita kirimkan ketika memanggil function disebut sebagai argument.

Parameter dalam function bukan merupakan hal yang wajib. Namun, ketika diperlukan, kita bisa membuat parameter lebih dari satu sesuai kebutuhan kita.

Membuat Function Parameter

Parameter pada function mirip seperti deklarasi variabel, kita tinggal menuliskan nama parameternya kemudian diikuti dengan tipe datanya. Untuk lebih jelasnya perhatikan contoh kode berikut.

package main

import "fmt"

func sayHi(firstName string, lastName string) {
	fmt.Println("Hi,", firstName, lastName)
}

func main() {
	sayHi("Rizky", "Kurniawan")
}

output:

Hi, Rizky Kurniawan

Pada contoh di atas kita membuat sebuah function bernama sayHi dengan dua buah parameter bertipe string yaitu firstName dan lastName. Kemudian di dalam function main, kit panggil function sayHi dan kita kirimkan dua buah argument untuk mengisi parameter yang sebelumnya sudah didefinisikan. Argument yang dikirimkan harus sesuai dengan urutannya serta harus sesuai tipe datanya dengan parameter pada function. Jumlah argument yang dikirimkan juga tidak boleh kurang atau melebihi jumlah parameter pada function yang dipanggil.

Argument tidak harus ditulis nilainya secara langsung, kita juga dapat menuliskan variabel sebagai argument untuk suatu function.

Default Value Pada Function Parameter

Bagi kamu yang mengerti tentang pemrograman, mungkin kamu sudah sering membuat parameter dengan nilai default pada sebuah function. Default value sangat berguna ketika kita membuat sebuah parameter yang opsional (boleh tidak diisi). Sayangnya hingga tulisan ini dibuat, golang tidak mendukung fitur default value pada function parameter.

Sebenarnya ada beberapa developer yang mengajukan penambahan fitur ini pada golang, namun tidak sedikit juga yang menolaknya karena alasan tertentu. Yup kita tunggu saja kedepannya.

Berikutnya: #22: Function Return Value

Tags: #golang
Bagikan:

Ingin Berdiskusi?

Yuk bergabung di Grup Telegram Ruang Developer atau mulai diskusi melalui GitHub. See You!

Dapatkan contoh source code project backend, frontend, atau fullstack untuk kamu amati, tiru, dan modifikasi sesuka hati. Klik untuk melihat detail!
comments powered by Disqus

Berlangganan Gratis

Kamu akan menerima email update dari Ruang Developer

Beri Dukungan

Beri dukungan, dapatkan full source code project web untuk bahan referensi, tiru, dan modifikasi.
Lightbox