Halo, selamat datang di Ruang Developer Blog. Apakah saat ini kamu ingin belajar pemrogramman? Takut kuota habis untuk nonton tutorial di YouTube? Berikut ini adalah 5 daftar website yang bisa kamu gunakan untuk belajar pemrogramman sampai menjadi programmer yang handal.

Dicoding

Website Belajar Pemrograman

Dicoding adalah sebuah platform belajar online yang menyediakan banyak sekali kelas yang dapat kamu ikuti untuk menjadi seorang programmer handal. Kelas yang disediakan juga sangat berkualitas karena materi yang ada di dalamnya disusun oleh para expert di bidangnya, dan juga DIcoding telah bekerja sama dengan beberapa perusahaan teknologi besar seperti Google, AWS, Microsoft, IBM, dan lainnya.

Dicoding memiliki 4 pilar utama yang disediakan yaitu Dicoding Academy, Dicoding Challenge, Dicoding Event, dan Dicoding Job. Ke empat pilar tersebut dibuat agar kamu dapat belajar, mempraktekan, dan mencoba untuk terjun langsung ke dunia pekerjaan. Tidak hanya itu, Dicoding juga menyediakan learning path yang tentunya akan membuat alur belajar kamu jadi lebih fokus dan terarah. Pada akhir kelas akan ada tugas proyek yang diberikan yang harus kamu kerjakan sebagai syarat kelulusan. Tugas yang kamu submit akan direview langsung oleh para Dicoding Reviewer yang berpengalaman.

Sayangnya, kelas-kelas yang disediakan oleh Dicoding tidak dapat diakses secara gratis. Untuk dapat belajar, kamu perlu mendaftar terlebih dahulu, kemudian berlangganan kelas yang ingin pelajari. Tapi jangan khawatir bagi kamu yang enggan untuk mengeluarkan uang atau tidak memiliki uang yang cukup, kamu bisa mengikuti program beasiswa yang rutin diadakan Dicoding atau kamu dapat mengikuti event-event yang dilaksanakan, biasanya akan ada hadiah token kelas gratis yang akan diberikan jika kamu beruntung. Selain itu, banyak tersedia kelas-kelas gratis yang bebas kamu gunakan, serta akses gratis masa trial selama 15 hari untuk semua kelas berbayar dan kamu akan tetap mendapatkan sertifikat kelulusan jika berhasil menyelesaikannya.

Codepolitan

Website Belajar Pemrograman

Codepolitan adalah platform belajar pemrograman secara online dengan berbahasa Indonesia yang dikembangkan khusus untuk membantu generasi muda belajar dan berlatih pemrograman agar kompetitif di era Industri 4.0.

codepolitan.com

Codepolitan hampir mirip dengan Dicoding, mereka juga menyediakan kelas-kelas programming yang dapat kamu gunakan untuk sarana belajar online. Codepolitan menyediakan learning path, yang akan membuat alur belajar lebih fokus dan terarah. Selain itu, di Codepolitan terdapat fitur interactive coding yang dapat kamu gunakan untuk menulis dan mencoba progam yang kamu tulis secara langsung melalui browser.

Codepolitan juga menyediakan beberapa kelas gratis yang bisa kamu gunakan tanpa harus mengeluarkan uang. Mereka juga sering membuka beasiswa yang bisa kamu coba untuk ikuti.

UpKoding

Website Belajar Pemrograman

kamu juga patut mencoba platform belajar pemrogramman ini. UpKoding merupakan platform belajar yang berbeda dari kedua daftar website sebelumya. Di UpKoding, kamu akan dihadapkan dengan tantangan-tantangan pemrogramman mulai dari yang sangat mudah, hingga yang paling susah yang bisa kamu kerjakan. kamu akan mendapat point atas setiap tantangan yang berhasil kamu kerjakan. UpKoding menggunakan metode belajar Bite-Sized Learning. Bite-sized learning adalah sebuah istilah dimana kamu hanya belajar satu hal pada suatu waktu, menjadikan kamulebih fokus karena tidak dibanjiri dengan terlalu banyak informasi sekaligus.

UpKoding menyediakan free access dan pro access. Saat ini (02 Desember 2021) UpKoding masih berada dalam versi beta, kamu dapat mendaftar dan mendapatkan pro access secara gratis dan dapat diperpanjang selama versi beta. Yuk buruan daftar mumpung masih gratis! Hehe.

Uniknya, UpKoding adalah sebuah platform open source, dimana kamu dapat melihat kode sumber dan berkontribusi langsung untuk mengembangkan UpKoding melalui repositori github UpKoding di sini.

Malasngoding

Website Belajar Pemrograman

Wah, nama website ini unik juga ya. Malasngoding adalah webuah website yang berisikan berbagai macam tutorial pemrogramman yang bisa kamu ikuti. Materi yang diberikan ada yang bersifat gratis dan ada yang premium. Untuk materi gratis kamu bisa mengaksesnya langsung melalui website Malasngoding, sedangkan materi premium harus kamu beli terlebih dahulu melalui BukaLapak atau Tokopedia.

Materi yang tersedia cukup banyak dan lengkap, mulai dari pemrogramman web, desain web, dan aplikasi mobile.

Petani Kode

Website Belajar Pemrograman

Website dengan nama yang unik dan keren dengan tagline “Tempat belajar budidaya kode (coding) dengan tutorial terupdate dan mudah dipahami” ini menyediakan banyak sekali tutorial seputar pemrograman yang bisa kamu ikuti secara gratis. Materi yang disediakan juga cukup banyak, mulai dari database, dekstop, game, iot, jaringan, mobile, web, dan lainnya. Petani Kode merupakan salah satu website favorit saya karena tutorialnya yang jelas dan akses halamannya sangat cepat sekali. Kabarnya, Petani Kode menggunakan static site generator sehingga tidak perlu melakukan query ke database karena halaman yang ditampilkan merupakan halaman html statis.

Kesimpulan

Demikian tadi adalah 5 daftar website belajar pemrogramman yang bisa kamu gunakan. Masing-masing dari merka memiliki fitur dan keunggulannya. Manfaatkanlah akses-akses gratis yang mereka berikan dan jangan biarkan keterbatasan biaya menjadi hambatan untuk kamu belajar pemrogramman.

Kamu punya website favorit untuk belajar pemrograman berbahasa Indonesia? yuk bagikan di kolom komentar.

Bagikan:

Ingin Berdiskusi?

Yuk bergabung di Grup Telegram Ruang Developer atau mulai diskusi melalui GitHub. See You!

comments powered by Disqus

Berlangganan Gratis

Kamu akan menerima email update dari Ruang Developer

Beri Dukungan

Beri dukungan, dapatkan full source code project web untuk bahan referensi, tiru, dan modifikasi.

Lightbox