Mengenal Framework CodeIgniter

By Rizky Kurniawan - December 11, 2021 ~3 mins read

Halo, selamat datang di Ruang Developer Blog. CodeIgniter merupakan salah satu [framework][2] yang sangat populer di kalangan web programmer, khususnya yang menggunakan bahasa pemrogramman PHP. Bagi kamu yang baru saja belajar pemrograman web dan ingin mencoba menggunakan framework codeigniter, mari kita mengenal terlebih dahulu apa itu framework codeigniter.

Apa itu CodeIgniter?

Menurut website resmi codeigniter, “CodeIgniter is a powerful PHP framework with a very small footprint, built for developers who need a simple and elegant toolkit to create full-featured web applications.” yang jika diartikan ke dalam bahasa indonesia CodeIgniter adalah kerangka kerja PHP yang kuat dengan footprint yang kecil, dibangun untuk pengembang yang membutuhkan toolkit sederhana dan elegan untuk membuat aplikasi web berfitur lengkap.

CodeIgniter merupakan salah satu framework PHP yang menggunakan konsep MVC dalam membangun sebuah aplikasi web.

Fitur yang ada pada CodeIgniter

CodeIgniter memiliki beragam fitur yang dapat kamu gunakan dalam membuat aplikasi web. Berikut ini beberapa fitur unggulan yang dimiliki oleh CodeIgniter.

Small footprint

Seluruh kode sumber untuk kerangka CodeIgniter mendekati 2MB. Ini memudahkan untuk menguasai CodeIgniter dan cara kerjanya. Ini juga menyederhanakan penerapan dan pembaruannya.

Cepat

Pengguna aplikasi tentunya lebih menyukai aplikasi yang memiliki waktu load yang cepat. Waktu pemuatan aplikasi yang dibangun menggunakan CodeIgniter cenderung sangat cepat dibandingkan beberapa framework lainnya.

Loosely coupled

Fitur bawaan CodeIgniter dirancang untuk bekerja secara independent tanpa terlalu bergantung pada komponen yang lain. Ini akan memudahkan proses maintain dan upgrade aplikasi.

Arsitektur MVC

Framework CodeIgniter menggunakan arsitektur MVC (Model, View, Controller). Ini merupakan artitektur standar industri saat bekerja dengan aplikasi web. Arsitektur MVC memisahkan data, logika, dan tampilan.

Dokumentasi yang baik

Dokumentasi yang baik tentunya merupakan poin penting yang harus dimiliki oleh sebuah framework, ini akan memudahkan developer untuk mengetahui bagaimana cara menggunakan framework tersebut dengan benar dan memecahkan permasalahan yang akan terjadi pada saat proses development. Selain itu, CodeIgniter juga memiliki website forum dimana kamu dapat bertanya mengenai framework CodeIgniter secara langsung kepada developer lainnya.

Komponen bawaan

CodeIgniter memiliki komponen bawaan yang dapat mempercepat proses pengembangan aplikasi seperti komponen pengiriman email, manajemen database, sesi, dan lainnya.

Extendable

CodeIgniter hadir dengan beberapa library dan helper. Namun, jika tidak ingin menggunakannya kamu dapat dengan mudah membuat library dan helper khusus sesuai dengan kebutuhan aplikasi kamu masing-masing. kamu juga dapat membuat REST API menggunakan CodeIgniter.

Mudah dipelajari

CodeIgniter mudah dikuasai bagi siapa saja yang sudah familiar dengan PHP. Dalam waktu yang sangat singkat, siswa dapat Mempelajari CodeIgniter dan mulai mengembangkan aplikasi profesional menggunakan CodeIgniter.

Histori rilis CodeIgniter

Tahun Versi
2006 Versi pertama CodeIgniter
2009 ExpressionEngine 2.0 diluncurkan
2014 Institut Teknologi British Columbia mengambil alih proyek tersebut
2020 Pada 24 Februari, CodeIgniter 4 resmi diluncurkan
2021 Pada 6 September 2021, CodeIgniter 4.1.4 resmi diluncurkan
Bagikan:

Ingin Berdiskusi?

Yuk bergabung di Grup Telegram Ruang Developer atau mulai diskusi melalui GitHub. See You!

Dapatkan contoh source code project backend, frontend, atau fullstack untuk kamu amati, tiru, dan modifikasi sesuka hati. Klik untuk melihat detail!
comments powered by Disqus

Berlangganan Gratis

Kamu akan menerima email update dari Ruang Developer

Beri Dukungan

Beri dukungan, dapatkan full source code project web untuk bahan referensi, tiru, dan modifikasi.
Lightbox