Dapatkan contoh source code project backend, frontend, atau fullstack untuk kamu amati, tiru, dan modifikasi sesuka hati. Klik untuk melihat detail!
Artikel ini merupakan bagian dari seri Belajar Golang Dari Dasar

Sejarah

Nama asli dari bahasa Golang adalah Go. Golang merupakan bahasa pemrograman yang dibuat di Google pada tahun 2009 oleh Robert Griesemer, Rob Pike, dan Ken Thompson menggunakan bahasa C. Golang adalah bahasa pemrograman sumber terbuka yang mudah, sederhana, efisien. Bahasa pemrograman ini banyak digunakan untuk pengembangan aplikasi dengan konsep Microservice.

Golang merupakan bahasa yang tergolong baru dalam dunia pemrograman. Golang sendiri mulai populer sejak digunakan untuk membuat Docker pada tahun 2011. Belakangan ini banyak teknologi yang dibuat menggunakan Golang seperti Kubernetes, CockroachDB, Prometheus, dan lain-lain. Golang juga mulai digunakan untuk membuat Backend API pada aplikasi Microservices.

Kenapa menggunakan Golang

Karena sedang naik daun, hehehe.

Kesederhanaan yang diusung oleh bahasa Golang membuatnya mudah untuk dipelajari. Golang memiliki konsep Go-routine, yaitu thread yang dikelola oleh runtime Go. Golang mendukung garbage collector yang membuat kita tidak perlu melakukan manajemen memory secara manual.

Proses development dalam Golang

Golang merupakan bahasa pemrograman yang di-compile, namun berbeda seperti bahasa pemrograman Java. Pada bahasa pemrograman Java, source code di-compile dan kemudian harus dijalankan menggunakan JVM (Java Virtual Machine). Sedangkan di Golang, soucre code di-compile menggunkaan Go-compiler yang akan menghasilkan native binary, seperti native binary windows, linux, atau mac.

Teks editor atau IDE yang bisa digunakan

Development menggunakan Golang dapat dilakukan menggunakan text editor apapun seperti VS Code, ataupun yang menurut saya sangat cocok digunkan adalah GoLand dari JetBrains.


Berikutnya: #2: Instalasi Golang - Belajar Golang Dari Dasar

Tags: #golang
Bagikan:

Ingin Berdiskusi?

Yuk bergabung di Grup Telegram Ruang Developer atau mulai diskusi melalui GitHub. See You!

Dapatkan contoh source code project backend, frontend, atau fullstack untuk kamu amati, tiru, dan modifikasi sesuka hati. Klik untuk melihat detail!
comments powered by Disqus

Berlangganan Gratis

Kamu akan menerima email update dari Ruang Developer

Beri Dukungan

Beri dukungan, dapatkan full source code project web untuk bahan referensi, tiru, dan modifikasi.
Lightbox