Dapatkan contoh source code project backend, frontend, atau fullstack untuk kamu amati, tiru, dan modifikasi sesuka hati. Klik untuk melihat detail!

Halo, selamat datang di Ruang Developer Blog. IDE dan Kode Editor adalah salah satu alat tempur seorang programmer, disitulah mereka menuliskan kode-kode program yang nanti akan menjadi sebuah aplikasi yang luar biasa. Tahukah kamu bahwa IDE dan Kode Editor itu berbeda? Berikut adalah penjelasannya.

Apa itu IDE?

IDE (Integrated Development Environment) adalah salah satu tool/alat pemrogramman yang sangat powefull yang menggabungkan berbagai aspek program komputer dalam satu GUI (Graphical User Interface). IDE mengkonsolidasikan fungsi pengembangan seperti menulis kode program (code), membangun (build), dan menguji (test) pada satu area kerja yang diebut lingkungan pengembangan (development environment). IDE adalah sebuah kode editor, debugger, kompiler, dan lainnya.

Contoh IDE adalah seperti Visual Studio dari Microsoft, XCode dari Apple, Android Studio dari Googe, dan lainnya.

Apa itu Kode Editor

Kode Editor pada dasrnya hanyalah sebuah editor tesk biasa yang dirancang dengan tambahan fungsionalitas khusus untuk membantu programmer menulis kode. Kode Editor memberikan warna pada kode yang ditulis, mengecek typo, auto complete, dan lainnya. Kode Editor dapat merupakan sebuah aplikasi yang berdiri sendiri atau berada dalam sebuah IDE. Ada banyak sekali contoh Kode Editor saat ini seperti Sublime Text, Visual Studio Code, Atom, Notepad++, dan lainnya.

Perbedaan Antara IDE dan Kode Editor

Dari penjelasan yang sudah dibahas sebelumnya maka dapat terlihat dengan jelas perbedan antara IDE dan Kode Editor, dimana IDE adalah alat yang menyediakan fungsionalitas yang sangat lengkap untuk menciptakan lingkungan pengembangan yang terintegrasi yang termasuk didalamnya Kode Editor, Debugger, Compiler, sementara Kode Editor adalah Teks Editor dengan fungsionalitas yang lebih, seperti memberikan warna pada kode (syntax highlighting), atau auto complete.

Kesimpulan

Terlepas dari perbedaannya, saat ini banyak Text Editor yang hampir mampu memiliki semua fungsionalitas yang ada pada IDE dengan cara menambahkan ekstensi, plugin, dan lain-lain.

Baca Juga: Daftar Ekstensi Visual Studio Code Untuk Pengembangan Web

Bagikan:

Ingin Berdiskusi?

Yuk bergabung di Grup Telegram Ruang Developer atau mulai diskusi melalui GitHub. See You!

Dapatkan contoh source code project backend, frontend, atau fullstack untuk kamu amati, tiru, dan modifikasi sesuka hati. Klik untuk melihat detail!
comments powered by Disqus

Berlangganan Gratis

Kamu akan menerima email update dari Ruang Developer

Beri Dukungan

Beri dukungan, dapatkan full source code project web untuk bahan referensi, tiru, dan modifikasi.
Lightbox