Dapatkan contoh source code project backend, frontend, atau fullstack untuk kamu amati, tiru, dan modifikasi sesuka hati. Klik untuk melihat detail!
Artikel ini merupakan bagian dari seri Membuat URL Shorterner Dengan Laravel

Membuat Project Laravel

Sebelum kita mulai ngoding, kita persiapkan terlebih dahulu project laravelnya ya. Untuk membuat project laravel, kita akan menggunakan composer. Oleh karena itu, pastikan kamu sudah menginstal komposer di komputer kamu.

Siapkan folder baru di komputer kamu, kemudian buka folder di terminal. Di windows kamu bisa klik kanan folder kemudian pilih open in terminal.

Setelah itu, buat project laravel baru dengan mengeksekusi kode di bawah ini:

composer create-project laravel/laravel="9.*" .

Perintah di atas akan membuat project laravel baru di dalam folder yang saat ini dibuka. Oiya di sini kita menggunakan laravel versi 9 ya. Tunggu proses installasi selesai

Laravel URL Shorterner

Membuat Database

Kita akan menggunakan database mysql untuk aplikasi kita. Oleh karena itu pastikan database mysql telah terinstall di komputer kamu ya.

Aktifkan mysql server di komputer kamu, lalu buatlah sebuah database kosong dengan nama yang kamu inginkan (saya menggunakan nama laravel_url_shorterner). Kamu bisa membuatnya melalui database client seperti phpmyadmin, heidi sql, atau aplikasi sejenisnya. Kamu juga bisa langsung membuatnya melalui terminal dengan cara login ke server mysql dan eksekusi perintah berikut:

CREATE DATABASE laravel_url_shorterner;

Biarkan database tersebut kosong untuk sementara karena kita tidak akan langsung membuat tabel melalui terminal atau database client.

Selanjutnya kita akan menggunakan fitur migration di laravel untuk membuat tabel berdasarkan schema yang kita tulis. Keep focus.

Berikutnya: #2: Database Migration - Laravel URL Shorterner

Bagikan:

Ingin Berdiskusi?

Yuk bergabung di Grup Telegram Ruang Developer atau mulai diskusi melalui GitHub. See You!

Dapatkan contoh source code project backend, frontend, atau fullstack untuk kamu amati, tiru, dan modifikasi sesuka hati. Klik untuk melihat detail!
comments powered by Disqus

Berlangganan Gratis

Kamu akan menerima email update dari Ruang Developer

Beri Dukungan

Beri dukungan, dapatkan full source code project web untuk bahan referensi, tiru, dan modifikasi.
Lightbox