Apa Itu Composer? Mengapa Harus Menggunakannya?

By Rizky Kurniawan - December 9, 2021 ~2 mins read

Halo, Selamat datang di Ruang Developer Blog. Jika kamu ingin menjadi seorang PHP expert, maka kamu wajib bisa menggunakan composer. Berikut ini adalah penjelasan tentang apa itu composer dan mengapa kita harus menggunakan composer.

Apa itu Composer?

Composer adalah sebuah dependency management untuk PHP, dibuat untuk memfasilitasi pendistribusian dan maintenance paket (package) PHP sebagai komponen aplikasi individu. Namun, composer bukanlah sebuah paket manajer seperti Yum, atau Apt. Composer hanya mengelola package per proyek, ia tidak menginstall apapun secara global.

Composer memudahkan kamu ketika ingin menggunakan package tambahan pada proyek PHP yang sedang kamu bangun. Ketika ingin menambah package, kamu cukup menjalankan perintah “composer require” diikuti dengan nama package yang ingin diinstall. Package yang tersedia di composer tersimpan dalam sebuah repository publik bernama Packagist.

Packagist adalah repository publik untuk komposer, berisi berbagai koleksi package open source yang dibuat oleh para develpoper PHP di seluruh dunia. Packagist juga menyediakan layanan premium untuk menghosting package yang bersifat privat yang dapat digunakan untuk proyek internal perusahaan dan lainnya yang bersifat closed source.

Mengapa harus menggunakan Composer?

Sebagai seorang developer atau programmer, sangat disarankan untuk menggunakan dependency manager dalam mengelola sebuah proyek. Hal ini bertujuan agar proses pengerjaan proyek dapat dilakukan dengan lebih mudah, apalagi dalam proyek kamu memiliki banyak ketergantungan (dependency) terhadap package lain.

Penggunaan composer juga memiliki beberapa manfaat yang tidak bisa kamu dapatkan jika tidak menggunakannya

  1. Menggunakan composer dapat membuat proyek dan kode kamu menjadi lebih terstruktur
  2. Package yang diperlukan dapat dengan mudah untuk diinstall, diupdate, atau dihapus dari proyek
  3. Tidak perlu menggunakan include pada file PHP yang membutuhkan package karena semua proses tersebut sudah dihandle oleh composer menggunakan autoload.

Bagaimana cara menginstall Composer?

Composer memiliki dua cara untuk menginstall. kamu bisa menginstall composer per proyek atau secara global sehingga tidak perlu menginstall kembali ketika membuat proyek baru.

Command line install

Untuk menginstall composer melalui command line, kamu bisa menggunakan terminal kemudian jalankan perintah berikut

php -r "copy('https://getcomposer.org/installer', 'composer-setup.php');"
php -r "if (hash_file('sha384', 'composer-setup.php') === '906a84df04cea2aa72f40b5f787e49f22d4c2f19492ac310e8cba5b96ac8b64115ac402c8cd292b8a03482574915d1a8') { echo 'Installer verified'; } else { echo 'Installer corrupt'; unlink('composer-setup.php'); } echo PHP_EOL;"
php composer-setup.php
php -r "unlink('composer-setup.php');"

Perintah di atas akan menginstall composer secara local, jika kamu ingin agar perintah composer dapat dijalankan di manapun, jalankan perintah berikut di terminal

sudo mv composer.phar /usr/local/bin/composer

Windows install

Untuk menginstall composer di windows silahkan download installer composer, kemudian jalankan file installer tersebut.

Catatan

Pastikan kamu telah menginstall PHP di komputer atau laptop kamu sebelum menginstall Composer.

Bagikan:

Ingin Berdiskusi?

Yuk bergabung di Grup Telegram Ruang Developer atau mulai diskusi melalui GitHub. See You!

Dapatkan contoh source code project backend, frontend, atau fullstack untuk kamu amati, tiru, dan modifikasi sesuka hati. Klik untuk melihat detail!
comments powered by Disqus

Berlangganan Gratis

Kamu akan menerima email update dari Ruang Developer

Beri Dukungan

Beri dukungan, dapatkan full source code project web untuk bahan referensi, tiru, dan modifikasi.
Lightbox